-->

Cara Menginstal Genymotion pada windows 7,8,8.1,10

10 comments



Berawal dari rasa kesal yang saya lihat pada teman-teman saya karna tidak lancarnya dalam menjalankan hasil eksekusi script Java pada emulator android. maka saya berinisiatif untuk meringankan beban teman-teman saya, termasuk untuk diri saya juga.. wkwkwk.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstal Genymotion pada Windows 7,8,8.1,10.
FYI : Genymotion adalah aplikasi emulator untuk android, hampir sama dengan teman-teman sebayanya seperti Bluestacks dan Windroye. dan emulator ini adalah yang paling ringan diantara emulator-emulator android yang lainnya.

Bedanya dengan emulator-emulator lainya adalah Genymotion harus membutuhkan VirtualBox agar aplikasnya bisa berjalan. maka dari itu saya akan membagikan tutorial penginsatalan Genymotions secara lengkap dengan VirtualBox. namun jika anda sudah pernah menginstall VirtualBox, anda bisa memilih untuk mendownload Genymotionya saja. agar Genymotion bisa berjalan lancar dengan VirtualBox, anda harus mempunyai VirtualBox dengan versi 5.0.0 ke atas. namun jika versi VirtualBox anda masih dibawah 5.0.0 maka Genymotion tidak akan bisa dijalankan.

Cara penginstalan Genymotion :

1. Sebelumya kita harus membuat akun pada Genymotion terlebih dahulu (buat akun)


2. Jika sudah membuat akun maka kita akan di arahkan ke halaman download pada website Download Genymotion + VirtualBox (jika belum punya)


3. Install Genymotions dengan cara klik kanan "Run as administrator"


4. Selanjutnya tinggal ikuti perintahnya saja


5. 

6. Klik Install


7. Tunggu proses instalasi Genymotion selesai.


8. Setelah proses instalasi Genymotion selesai, maka otomatis akan dilanjutkan dengan proses penginstalan VirtualBoxnya. Pilih "Next". 



9. Pilih "Next" sampai selesai.


10. Pilih "Next".

11. Pilih "Yes"


12. Tunggu Proses hingga selesai.


13. Klik "Install"


14. Jika muncul notif seperti pada gambar, pilih saja "Install".




15. Tunggu hingga proses instalasi VirtualBox selesai.



16. Sampai tahap ini Genymotion dan VirtualBox sudah sukses di instal, artinya Genymotion sudah bisa langsung dijalankan. Disini pilih "Accept" untuk melanjutkan.


17. Pilih "Yes".



18. Pilih "Sign in".


19. Sebelum anda bisa menjalankan Genymotion, anda harus login dengan akun Genymotion yang sudah dibuat tadi. 


20. Setelah anda sudah berhasil login ke Genymotion, selanjutnya anda akan di arahkan untuk memilih jenis Virtual Device yang ingin digunakan. Saya sarankan untuk memilih Virtual Device yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda. disini saya memilih virtual menggunakan "Samsung Galaxy S6 - 6.0.0 - API 23 - 1440x2560" atau android versi Marsmallow.

Jika sudah memilih virtual yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda, maka selanjutnya klik "Next".


21. Langsung "Next".


22. Pada Tahap ini anda harus mendownload tampilan virtualnya terlebih dahulu.


23. Jika sudah selesai, klik "Finish"


24. Jika sudah sampai disini, selanjutnya jalankan Virtualnya dengan cara klik "Start" seperti pada gambar.

25. Selamat ! Genymotion sudah bisa digunakan.



Note : Pada tutorial ini saya menggunakan Windows 10 ,namun menurut informasi di website  resmi Genymotion, aplikasi ini bisa digunakan untuk semua windows.

Semoga tutorial ini bisa membantu anda yang sedang mencoba untuk menginstall aplikasi ini, jika ada kesulitan dalam cara penginstalan bisa langsung tingalkan jejak di kolom komentar. Terimakasih.



10 comments

  1. kak ketika saya ingin menjalankan virtualnya dan saya klik start kenapa muncul error dengan tulisan unable to strat the virtual device

  2. Kok pada bego ya makanya baca yang bener tulusuri gua aja bisa install terminal emulatornya kalau udah kedownload tinggal klik start yang udah kedownload tinggal pilih apa susahnya sih